Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

JUDUL MENGGUNAKAN FONT TIMES NEW ROMAN

14 BOLD (TEBAL DAN HURUF KAPITAL)

 

Tanzilul Authar, penulis2, penulis3

1,2 STIT Muhammadiyah Aceh Barat Daya

3Universitas Teuku Umar

tanzilulauthar@gmail.com1 ; penulis 2; penulis3

 

Abstrak

Abstrak Bahasa Indonesia ditulis menggunakan font TNR 12, tidak miring, 1 spasi. Abstrak berisi antara 100-150 kata yang menjabarkan tentang keseluruhan isi artikel secara ringkas dan jelas (tujuan penelitian, metodologi, dan hasil).

Kata kunci: kata kunci 1, kata kunci 2, kata kunci 3 (maksimal 3 kata kunci).

 

Abstract

Abstract Bahasa Inggris ditulis menggunakan font TNR 12, miring, 1 spasi. Abstrak berisi antara 100-150 kata yang menjabarkan tentang keseluruhan isi artikel secara ringkas dan jelas (tujuan penelitian, metodologi, dan hasil).

Keywords: keyword 1, keyword 2, keyword 3 (maksimal 3 keyword).

 

 

 

PENDAHULUAN

Pendahuluan memuat latar belakang masalah yang menjabarkan tentang masalah yang diteliti, dan kesenjangan yang ada sehingga perlu diadakan penelitian. Penjabaran diikuti dengan data dan fakta yang jelas yang membawa kepada rumusan masalah yang dirumuskan (Creswell, 2008). Pendahuluan diketik menggunakan font TNR 12 dan spasi 1,5. Pendahuluan memuat latar belakang masalah yang menjabarkan tentang masalah yang diteliti, dan kesenjangan yang ada sehingga perlu diadakan penelitian. Penjabaran diikuti dengan data dan fakta yang jelas yang membawa kepada rumusan masalah yang dirumuskan. Pendahuluan diketik menggunakan font TNR 12 dan spasi 1,5

Pendahuluan memuat latar belakang masalah yang menjabarkan tentang masalah yang diteliti, dan kesenjangan yang ada sehingga perlu diadakan penelitian. Penjabaran diikuti dengan data dan fakta yang jelas yang membawa kepada rumusan masalah yang dirumuskan. Pendahuluan diketik menggunakan font TNR 12 dan spasi 1,5. Pendahuluan memuat latar belakang masalah yang menjabarkan tentang masalah yang diteliti, dan kesenjangan yang ada sehingga perlu diadakan penelitian. Penjabaran diikuti dengan data dan fakta yang jelas yang membawa kepada rumusan masalah yang dirumuskan. Pendahuluan diketik menggunakan font TNR 12 dan spasi 1,5.

METODE PENELITIAN

            Metode penelitian hanya digunakan untuk naskah artikel dari hasil penelitian. Sedangkan untuk naskah artikel dari kajian  analisis kritis atau ulasan buku disesuaikan dengan kebutuhan. Isi dari sub level ini adalah penjelasan lengkap tentang metode penelitian yang digunakan yang membuat pembaca memahami tentang subjek yang diteliti, populasi dan sampel yang digunakan. Selain itu, sub bab ini juga menjelaskan tentang bagaimana pengumpulan data yang dilakukan, apa instrumen yang digunakan dan seperti apa analisis data yang diterapkan.

Metodologi Penelitian hanya digunakan untuk naskah artikel dari hasil penelitian. Sedangkan untuk naskah artikel dari kajian  analisis kritis atau ulasan buku disesuaikan dengan kebutuhan. Isi dari sub level ini adalah penjelasan lengkap tentang metode penelitian yang digunakan yang membuat pembaca memahami tentang subjek yang diteliti, populasi dan sampel yang digunakan. Selain itu, sub bab ini juga menjelaskan tentang bagaimana pengumpulan data yang dilakukan, apa instrumen yang digunakan dan seperti apa analisis data yang diterapkan.

 

HASIL

Sub level ini berisi tentang hasil penelitian yang menjawab rumusan masalah yang diteliti. Temuan hasil penelitian bisa dijabarkan dengan disertai tabel dan/ atau gambar. Tabel yang digunakan adalah tabel terbuka yang diberikan nomor secara berurutan dan nama yang menjelaskan tentang data yang termuat dalam tabel. Sementara gambar (termasuk grafik, chart, diagram) diletakkan di tengah (center text) yang juga diberi nomor secara berurutan dan diberi nama sesuai dengan informasi pada gambar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 1. Nama gambar TNR 11

 

Tabel 1. Nama Tabel TNR 11

No

Uraian

Volume

Keterangan

1

 

 

 

2

 

 

 

3

 

 

 

dst ..

 

 

 

 

PEMBAHASAN

Sub level ini membahas tentang hasil penelitian. Bagian ini membahas  hasil penelitian secara mendalam. Diuraikan untuk menjawab hasil/data penelitian secara komprehensif sesuai dengan tujuan. Pembahasan bertujuan untuk memaknai hasil penelitian sesuai dengan teori dan  hasil-hasil penelitian sebelumnya (Azhar, 2017; Kern, 1990).

Sub level ini membahas tentang hasil penelitian. Bagian ini membahas  hasil penelitian secara mendalam. Diuraikan untuk menjawab hasil/data penelitian secara komprehensif sesuai dengan tujuan. Pembahasan bertujuan untuk memaknai hasil penelitian sesuai dengan teori dan  hasil-hasil penelitian sebelumnya.

 

KESIMPULAN

Kesimpulan membahas secara ringkas dan lugas tentang hasil penelitian yang ditemukan. Pada sub level ini pembahasan tidak menggunakan kalimat stastistik atau pun isu lain yang bukan fokus dari penelitian yang dilakukan. Namun, penulis bisa merekomendasikan tentang penelitian lanjutan yang relevan dengan isu yang telah dipaparkan.

Kesimpulan harus bisa menggambarkan secara lugas hasil kajian atau penelitian yang dibahas. Tidak diperkenankan ada kutipan di bagian ini.

 

DAFTAR PUSTAKA

Azhar, A. (2017). Manusia Dan Sains Dalam Perspektif Al-Qurân. Lantanida Journal, 4(1), 72. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1869

 

Creswell, J. W. (2008). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating quantitative and Qualitative Research. Pearson Education, Inc.

 

Kern, J. (1990). Implementation of new technology—The regulator’s perspective. SAE Technical Papers, 7, 5–9. https://doi.org/10.4271/902340

 

Articles

Section default policy

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.