METODOLOGI PENDIDIKAN SAINS MENURUT ISLAM KAJIAN EPISTIMOLOGI

Authors

  • Safran Safran STIT Muhammadiyah Aceh Barat Daya

Keywords:

metodologi, sains, epistimologi

Abstract

Epistimologi membahas mengenai bagaimana cara memperoleh atau mendapatkan ilmu pengetahuan sehingga epistimologi ini berkaitan erat dengan persoalan metode untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Perkembangan ilmu pengetahuan kian pesat seiring dengan dinamika peradaban manusia. Dalam Islam, ilmu agama (naqiyah) merupakan sumber ilmu pengetahuan lain karena ilmu Agama bersifat mutlak. Ilmu agama bersifat normatif  tekstual teological  khlasik yang meyakini sebagai kebenaran tuhan tidak tiragukan lagi. Berbeda hal nya dengan sains, kepada apa yang dilihat, di ukur dan dapat dibuktikan. Sains bersifat fositifis, empiris dan rasionalis. Sain berpihak pada rasio manusia pada saat itu sehingga kebenaranya bersifat relatif. Namun demikian baik ilmu agama maupun sains, keduanya berkembang untuk tujuan yang sama yaitu meningkatkan harkat dan martabat manusia sebagai khalifah di alam semesta ini. Untuk menganalisis metode pembelajaran sains pendekatan yang digunakan adalah pengkajian sains yang sesuai dengan epistimologi Islam. Metode tersebut melahirkan proses pembelajaran yang integratif antara narasi wahyu dan fakta empiris alam semesta.  Model pembelajarn tersebut sanggat dibutuhkan agar sains yang dikembangkan umat Islam bernilai spritual dan material sekaligus serta terhindar dari ataisme dan sekularisme.   

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anna poedjiadi, sains Teknologi masyarakat model pembelajaran kontekstual bermuatan nilai, Bandung : Remaja rosdakarya Offset, 2007

Ibrahim M. Thayyib, keajaiban sains Islam mengungkap kebenaran isi Al-Qur’an dan hadits dengan logika dan ilmu pengetahuan, Jakarta : Bumi aksara

Zakia darajat, ilmu pendidikan Islam, jakarta : Bumi aksara, 1992

Wan mohd nor wan daud, filsafat dan praktik pendidikan Islam, Bandung : mizan media utama

Nasim butt, sain dan masyarakat Islam, Bandung : Pustaka hidayah, 1996 hlm. 151

Rohadi Abdul fatah dan sudar sono, ilmu dan teknologi dalam Islam, Jakarta : PT Rineka cipta , 1997

Tim Perumus fakultas Teknik UMJ Jakarta, Al-Islam dan IPTEK I, Jakarta : PT Raja grapindo Persada 1998

Muhaimin, Nuansa baru pendidikan Islam, Jakarta : PT Raja wali Pers, 2006

Downloads

Published

2025-01-24

How to Cite

Safran, S. (2025). METODOLOGI PENDIDIKAN SAINS MENURUT ISLAM KAJIAN EPISTIMOLOGI. Anatesa : Kajian Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 15(1), 24–35. Retrieved from https://jurnal.stitmuabdya.ac.id/index.php/anatesa/article/view/43