PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PESERTA DIDIK

Authors

  • Safran Safran STIT Muhammadiyah Aceh Barat Daya

Keywords:

kecerdasan emosional, prestasi akademik, peserta didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi akademik peserta didik. Kecerdasan emosional mencakup kemampuan mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri, mengenali emosi orang lain, dan membina hubungan sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa SMP kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan prestasi akademik. Temuan ini menunjukkan pentingnya pembinaan kecerdasan emosional dalam lingkungan pendidikan untuk meningkatkan capaian akademik siswa.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daniel Goleman, Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ, (New York: Bantam Books, 1995), hlm. 34.

Daniel Goleman, Working with Emotional Intelligence, (New York: Bantam Books, 1998), hlm. 25.

Ibid., hlm. 42.

John D. Mayer & Peter Salovey, "What is Emotional Intelligence?" dalam Emotional Development and Emotional Intelligence: Educational Implications, ed. Peter Salovey & David Sluyter (New York: Basic Books, 1997), hlm. 3–31.

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Safran, S. (2025). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PESERTA DIDIK. Anatesa : Kajian Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 15(2). Retrieved from https://jurnal.stitmuabdya.ac.id/index.php/anatesa/article/view/65