Dakwah Di Era Globalisasi
Keywords:
dakwah, di Era, GlobalisasiAbstract
Realita yang ada sekarang ini pendakwah masih menggunakan metode dakwah yang monoton, kurang menarik, kaku, masih tradisional dan tidak relevan dengan perkembangan zaman, sehingga daya tarik dan minat masyarakat untuk mengikuti kegitan dakwah yang dilaksanakan oleh berbagai pihak menjadi menurun. Untuk mengantisipasi trend masyarakat modern, maka harus dapat mempersiapkan materi-materi dakwah yang lebih mengarah pada antisipasi kecenderungan-kecenderungan dan kebutuhan-kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, maka seluruh komponen dan segenap aspek yang menentukan atas keberhasilan dakwah harus ditata secara professional dan disesuaikan dengan kondisi mad’u agar dapat menghasilkan kemasan dakwah yang benar-benar mampu memperbaiki dan meningkatkan semangat dan kesadaran yang tulus dalam mengaktualisasikan nilai-nilai ajaran Islam. Konsep dakwah tradisional sebenarnya tidak jauh berbeda dengan konsep dakwah di era globalisasi, akan tetapi perubahan pola pikir dalam masyakat saat ini mengharuskan para pendakwah untuk memahami dakwah dan disesuaikan materi metode dan tujuannya dengan dengan konsep dakwah di era globalisasi.
Downloads
References
Anas, Ahmad, Paradigma Dakwah Kontemporer, (Semarang: Pustaka Rizki Putra), 2005
Arifin,Anwar. Dakwah Kontemporer; Sebuah Studi Komunikasi. (Yogyakarta: Graha Ilmu), 2011
Azizy, Qodri, Melawan Globalisasi; Reinterpretasi Ajaran Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar), 2003
Departemen Agama RI, Alqur’anul Karim, (Surabaya; PT Kusuma Jaya Abadi), 2004
Ismail, Nawari., Pergumulan Dakwah Islam Dalam Konteks Sosial Budaya; Analisis Kasus Dakwah, (Yogyakarta: Pustaka Book Publisher), 2010
Madjid, Abd, Tantangan dan Harapan Umat Islam di Era Globalisasi. Bandung: Pustaka Setia), 2000.
Muhidin, Asep, Metode Pengembangan Dakwah, (Bandung: Pustaka Setia), . 2002
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hermanita Her

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.