Internalisasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Generasi Alfa di Era Digital

Indonesia

Authors

  • Nursalami STIT Muhammadiyah Aceh Barat Daya
  • Putri Hastuti STIT Muhammadiyah Aceh Barat Daya

Keywords:

Kata Kunci: Internalisasi, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Generasi Alfa

Abstract

Abstrak

Generasi Alfa cenderung dibesarkan dirumah dengan fasilitas alat-alat teknologi yang sudah semakin canggih, yang membuat generasi ini sibuk dengan perangkat pintarnya. Sehingga memudarnya perilaku terpuji, sopan santun dan etika lainnya. Maka dari itu, pembelajaran pendidikan agama Islam menjadi sarana yang sangat penting untuk membentuk generasi Alfa yang memiliki pemahaman yang kuat tentang pendidikan Agama Islam. Tulisan ini bertujuan menguraikan internalisasi pembelajaran pendidikan Agama Islam pada generasi Alfa agar terbentuk generasi yang memiliki moralitas yang tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian library research, dengan mengumpulkan data-data dari berbagai literatur-literatur yang berkaitan dengan pembelajaran pendidikan agama Islam di era digital. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam berperan penting dalam mengubah pedoman hidup generasi Alfa terutama mendalami tentang etika dan moral dalam Islam, hukum Islam dan meneladani kehidupan sesuai yang dicontohi Rasulullah SAW.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Siskawati, 2024. “Agama dan Pembentukan Karakter Generasi Alfa di Era Postdigital”, Jurnal Teruna Bhakti, 6(2).

Zulfia Haira, Azmi Fitrisia, Ofianto, 2022. “Esensi Pendidikan Islam bagi Gnerasi Alpha dalam Perspektif Filsafat Ilmu”, El-Afkar, 2(1).

Bawani Imam, 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan Islam, Sidoarjo:Khazanah Ilmu.

Fahrurrozi Muhammad, 2023. Pembelajaran PAI untuk Generasi Alpha, Mataram:Pustaka Egaliter.

Gazali, Erfan. 2018. “Pesantren di Antara GenerasI Alfa dan Tantanga Dunia Pendidikan Era Rovolusi Industri 4.0”, OASIS:Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 2(2).

Rowi, M Muchlas. tt, “Esensi Pendidikan Islam”. Monitorday.

Purnama, Sigit. 2018. “Pengasuhan Digital untuk Anak Generasi Alpha”. Al Hikmah.

McCrindle, Mar. 2018. The ABC of XYZ (Understanding The Global Generation), Australia: UNSW Press.

Idris, Saifullah, 2017. Internalisasi Nilai dalam Pendidikan (Konsep dan Kerangka Pembelajaran dalam Pendidikan Islam), Yogyakarta: Darusssalam Publishing.

Sukriyah, Evi, Sapri, Syukri Makmur, 2024. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam bagi Remaja di Lingkungan Keluarga, Reseach and Development Journal Of Education, 10(1).

JS, Mauidah, Kun Farida, and Sakinah Sakinah. “Permasalahan Perkembangan Nilai Agama dan Moral Generasi Alfa untuk Anak Dini Usia 5-6 Tahun.” Raudhatul Athfal:Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2).

Bennett, S., Maton, K.,& Lisa Kervin. 2008. The “Digital Native” debate: A critical rview of the evidence. British Journal Of Educational Technologi, 39(5).

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Nursalami, & Hastuti, P. (2024). Internalisasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Generasi Alfa di Era Digital: Indonesia. Anatesa : Kajian Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 14(2), 60–70. Retrieved from https://jurnal.stitmuabdya.ac.id/index.php/anatesa/article/view/25

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.