URGENSI TRI PUSAT PENDIDIKAN TERHADAP PEMBENTUKAN IMTAQ ANAK

Authors

  • Putri Hastuti STIT Muhammadiyah Aceh Barat Daya
  • Nursalami STIT Muhammadiyah Aceh Barat Daya

Keywords:

Urgensi, Tri Pusat Pendidika, Imtaq Anak

Abstract

Pada umumnya, kita mengenal ada tiga jenis lingkungan pendidikan yaitu, pendidikan keluarga (in-formal), pendidikan sekolah (formal) dan pendidikan masyarakat (non-formal). Ketiga lingkungan pendidikan tersebut bukan hanya memberikan pelayanan pendidikan, pengajaran, keterampilan dan pelatihan yang bersifat ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), namun juga membentuk sikap religius atau spiritual (IMTAQ) yang baik bagi anak. Hal ini sangat penting karena Iman dan Taqwa merupakan bentuk perilaku manusia dengan Sang Pencipta alam semesta. Mengingat tugas utama keluarga bagi pendidikan anak adalah sebagai peletak dasar-dasar pendidikan, terutama dalam segi pendidikan keimanan dan ketaqwaan dan agama, maka dengan dasar pendidikan itu minimal anak sudah mempunyai pegangan jika akan berbuat sesuatu. Sehingga secara mental spiritual dasar-dasar pendidikan telah ditanamkan pada diri anak. Tidak hanya dalam keluarga, dalam sekolah juga harus dapat membentuk generasi yang mempunyai IMTAQ. Masyarakat juga memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu mewujudkan pendidikan keimanan dan ketaqwaan pada anak. Maka, kerja sama antara keluarga, sekolah dan masyarakat adalah proses pendidikan yang paling ideal demi terwujudnya tujuan pembentukan nilai IMTAQ pada anak, jika ketiga pendidikan tersebut dapat berjalan dengan seimbang dan dilandasi dengan pendidikan agama Islam yang kuat niscaya akan terbentuklah generasi-generasi yang beriman dan bertaqwa. Tetapi jika salah satunya tidak terpenuhi, maka berpengaruh pula pada pembentukan Iman dan Taqwa anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu ahmadi. (2004). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Abdul Mujib. (2006). Kepribadian dalam Psikologi Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kuntowijoyo. (1991). Paradigma Islam: Interpretasi Untuk Aksi. Bandung: Mizan.

M. Ngalim Purwanto. (1994). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosda Karya.

M. Quraisy Shihab. (1994). Iman dan Taqwa menurut Al Qur’an. Jakarta, Masjig Agung Sunda Kelapa.

Novan Ardy Wiyani dan Barnawi.(2012). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sukring. (2013). Pendidikan Agama Islam. Kendari: Kaukaba Pressindo.

Zakiah Daradjat.(1995). Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Bandung: CV Ruhama.

Zuhairini, dkk. (1992). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta, Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Hastuti, P., & Nursalami. (2024). URGENSI TRI PUSAT PENDIDIKAN TERHADAP PEMBENTUKAN IMTAQ ANAK. Anatesa : Kajian Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 14(2), 13–23. Retrieved from https://jurnal.stitmuabdya.ac.id/index.php/anatesa/article/view/17