Konsep Pendidikan Islam Multikultural Perspektif K.H. Ahmad Hasyim Muzadi

Authors

  • Amri Muhammad Arif STIT Muhammadiyah Aceh Barat Daya

Keywords:

KH Hasyim Muzadi, Pendidikan Islam Multikultural

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam konsep pendidikan Islam multikultural dalam perspektif K.H. Ahmad Hasyim Muzadi. Fokus kajian mencakup landasan filosofis, nilai-nilai utama, dan proses internalisasi pendidikan Islam multikultural. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan pendekatan kualitatif-deskriptif, menganalisis berbagai karya dan ceramah K.H. Ahmad Hasyim Muzadi yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam multikultural menurut beliau berakar pada nilai-nilai universal Islam seperti keadilan, toleransi, persaudaraan, dan dialog. Nilai-nilai ini diterapkan melalui kurikulum berbasis keberagaman, keteladanan guru, serta kegiatan yang mendukung interaksi lintas budaya dan agama. Temuan ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan pendidikan Islam di Indonesia dalam rangka membangun masyarakat yang harmonis dan berkeadilan dalam konteks pluralitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

KH. Hasyim Asy’ari, 1993, Dhau al-Mishbah. Jombang.

, 1993, Ziyadat Ta’liqat. Jombang: Pustaka Turats Al-Islamiy.

, 2003, Adabul Alim Wa Al-Mutaallim. Jombang.

Fakturmen, F. and Arif, M.Z, 2020, Pengaruh KH. Hasyim Asy’ari dalam Membangun Serta Menjaga Nusantara dan Kemaslahatan Islam Dunia’, Jurnal Indo-Islamika, 10, pp. 28–39.

Hidayat, F.A, 2023, Kontribusi Hadratussyeikh Kiai Haji Muhammad Hasyim Asy’ari dalam Pergerakan Nasional di Indonesia tahun, 1908-1947 M’. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

.

Mohamad Anang Firdaus, 2022, Kiai Sufi Pencinta Al-Qur’an & Nabi yang patut

diteladani Biografi KH. Adlan Aly, Jombang: Pustaka Tebuireng.

Muchtar, D. and Suryani, A, 2019, Pendidikan karakter menurut kemendikbud’, Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), pp. 50–57.

Munir, A.S., 2022, Konsep Rumah Tangga Sakinah dalam Kitab Dhau’Al -Mishbah Fi Bayan Ahkam An-Nikah (Analisis Pemikiran Kh Hasyim Asy’ari)’. Institut Agama Islam Tribakti.

Muthoifin, M., Ali, M. and Wachidah, N, 2017, Pemikiran Raden Ajeng Kartini t entang pendidikan perempuan dan relevansinya terhadap pendidikan Roqib, M. (2003) Pendidikan Perempuan. Yogyakarta: Gama Media.

Soraya, Z. (2020) ‘Penguatan Pendidikan Karakter untuk Membangun Peradaban

Bangsa’, Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), pp. 74–81.

Downloads

Published

2025-01-29

How to Cite

Arif, A. M. (2025). Konsep Pendidikan Islam Multikultural Perspektif K.H. Ahmad Hasyim Muzadi. Anatesa : Kajian Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 15(1), 102–112. Retrieved from https://jurnal.stitmuabdya.ac.id/index.php/anatesa/article/view/26

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.