PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF IBNU MISKAWAIH
Keywords:
pendidikan akhlak, ibnu miskawaihAbstract
Landasan pokok pemikiran Ibnu Miskawaih adalah ajaran Islam. Lahirnya pemikiran yang disebut pendidikan akhlak ini didasari oleh kondisi dan situasi masyarakat pada saat itu yang sangat kacau balau bahkan manusia saat itu bisa dikatakan sedang mengalami kemerosostan moral. Untuk itu Miskawaih menciptakan sebuah konsep pendidikan akhlak yang bertujuan untuk merobah pola pikir masyarakat saat itu sehingga mereka mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat yang mencakup kebahagian dalam arti yang seluas-luasnya. konsep pendidikan yang ditawarkan Ibnu Miskawaih ini juga tidak terlepas dari konsep pendidikan akhlak secara konfrehensif yang mencakup unsur kebahagiaan, kemakmuran, keberhasilan, kesempurnaan, kesenangan dan kecantikan.
Downloads
References
Abuddin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu. 1997).
Abuddin Nata, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, (Jakarta: Raja Grapindo Persada, 2003).
Ahmad Mustafa, Filsafat Islam, (Bandung: Pustaka Setia, 1997).
Burhanuddin Salam, Pengantar Pedagogik, (Jakarta: Rineka Cipta,2002).
Majid Fahri, Sejarah Filsafat Islam Terj. Mulyadi Karta Negara (Jakarta: Pustaka Jaya, 1986).
M. Lutfi Jumu’ah, Tarikh Falasifah Al-Islam, (Mesir: Dar al-Fikr 1927).
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1989).
Tirajuddin Zar, Filsafat Islam: Filosof dan Filsafatnya, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007).
Umar Tirtarahardja dan S. I. Lasulo, Pengantar Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2005).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hermanita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.