KAJIAN URGENSI PENERAPAN POLA MANAJEMEN TERHADAP PENDIDIKAN AKHLAK

Authors

  • T. Fachrul Razie STIT Muhammadiyah Aceh Barat Daya

Keywords:

Urgensi, Manajemen, Pendidikan Akhlak

Abstract

Pendidikan moral memegang peranan penting dalam pembentukan karakter individu dan masyarakat, karena keduanya menjadi landasan bagi prinsip-prinsip dan perilaku moral yang mendasari interaksi sosial. Tantangan modern yang menyebabkan degradasi moral menjadi semakin kompleks akibat kemajuan globalisasi, teknologi, dan perubahan sosial. Kebutuhan akan pengembangan yang sistematis melalui manajemen yang terstruktur dengan baik sangat penting untuk meningkatkan efektivitas pendidikan akhlak pada masyarakat umum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kajian analisis kritis dengan data yang bersumber dari informasi yang berkembang baik dari Jurnal maupun buku. Berdasarkan pembahasan disimpulkan bahwa akhlak yang baik tidak hanya mencerminkan kepribadian seseorang, tetapi juga menjadi pondasi bagi terciptanya masyarakat yang harmonis, beradab, dan bermoral. Pendidikan karakter (termasuk akhlak) harus mencakup tiga komponen: pengetahuan moral, perasaan moral, dan tindakan moral. Pola manajemen dalam pendidikan akhlak meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Pendidikan akhlak di era modern menghadapi berbagai tantangan, seperti pengaruh globalisasi, perkembangan teknologi, dan perubahan nilai-nilai sosial. Pemebentukan karakter yang berkualitas diperlukan pengaruh yang kuat dari keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adha, I., & Faridi, F. (2024). Inovasi dalam Pengembangan Bahan Ajar dan Media Pembelajaran Akhlaq. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(5), 119-137.

Fatoni, M. H., Fatimah, M., Santoso, B., & Syarifuddin, H. (2025). Peran Administrasi Sekolah dalam Meningkatkan Efektivitas Operasional dan Kualitas Pendidikan Islam. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 10-22.

Hanifah, S., & Bakar, M. Y. A. (2024). Konsep Pendidikan Karakter dalam Pemikiran Ibnu Miskawaih: Implementasi pada Pendidikan Modern. Journal of Education Research, 5(4), 5989-6000.

Huda, N. (2016). Evaluasi Efektifitas Program Pendidikan Akhlak Berbasis Prophetic Intelligence Bagi Mahasiswa Iain Antasari Banjarmasin.

Idris, M. (2018). Pendidikan Karakter: Perspektif Islam Dan Thomas Lickona. Ta'dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 77-102.

Izzah, A. A., Umami, I., & Pane, E. (2023). Implementasi Manajemen Pembelajaran Aqidah Akhlak Berbasis Intellectual, Emotional, Dan Spiritual Quotient Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada Madrasah Aliyah Di Kabupaten Lampung Selatan. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(001).

Mardizal, J. (2024). FILSAFAT PENDIDIKAN: Landasan Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jonni Mardizal.

Nur, M. T.2012. Liberalisasi pendidikan: Sebuah wacana kontroversial. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.26418/jvip.v1i1.4

Putri, A. N. (2024). Efektivitas Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Akhlak Anak Pada Generasi Gen Alfa. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Dan Riset, 2(3), 482-494.

Salsabila, A. S., & Tentiasih, S. (2024). KONSEP PEMBINAAN AKHLAK DAN KESEHATAN MENTAL REMAJA PERSPEKTIF IMAM AL-GHAZALI. IMTIYAZ: Jurnal Ilmu Keislaman, 8(1), 227-250.

Subagja, S. 2010. Gagasan liberalisme pendidikan Islam. Malang: Madani.

Subianto, J. (2013). Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam pembentukan karakter berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2).

Suriasumantri, Jujun S.1990. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Suyitno, Y. 2009. Landasan Filosofis Pendidikan. Bandung. UPI Bandung.

Suyudi, M. 2019. “Upaya Transformasi Pendidikan Islam Berdasarkan Paradigma Dan Filosofinya”. Qalamuna -Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 11(1), 1–11.

Syahputra, R. D., & Aslami, N. (2023). Prinsip-Prinsp Utama Manajemen George R. Terry. Manajemen Kreatif Jurnal, 1(3), 51-61.

Tambrin, M., Hajiri, M. I., & Ilyasir, F. (2022). Pola Pembentukan Akhlak pada Pesantren Di Kalimantan Selatan. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 133-140.

Tolchah, M. 2016. “Pendidikan dan faham liberalism”. At-Ta’dib Journal Of Pesantren Education, 3(1). https://doi.org/oi: http://dx.doi.org/10.21111/at-tadib.v3i2.563

Yulianto, Hari.2021. " Filsafat ilmu manajemen: ontologi, Epistemologi, dan aksiologi Perspektif. Jurnal Manajemen Bisnis Lintas Batas. Vol. 1 No. 1.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Razie, T. F. (2025). KAJIAN URGENSI PENERAPAN POLA MANAJEMEN TERHADAP PENDIDIKAN AKHLAK. Anatesa : Kajian Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 15(1), 113–119. Retrieved from https://jurnal.stitmuabdya.ac.id/index.php/anatesa/article/view/49

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.