Best Practice Penerapan Wahdatul ‘ulum Bidang diri (Studi Kasus: M. Hasballah Thaib: Pendiri Pesantren Misbahul Ulum Aceh dan Sekolah Al-Manar Medan)

Authors

  • Muhammad Syawal Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Keywords:

Best practice, Wahdatul 'ulum, Bidang diri

Abstract

Penelitian ini membahas contoh penerapan wahdatul ‘ulum pada bidang diri. wahdatul ‘ulum merupakan paradigma keilmuan yang dimiliki oleh UIN Sumatera Medan yang memiliki arti kesatuan ilmu/persatuan ilmu dari ilmu-ilmu keislaman (Islamic Studies) dan ilmu-ilmu pengetahuan Islam (Islamic Science).  Dalam wahdatul ‘ulum juga banyak konsep yang menekankan pentingnya integrasi dan keterkaitan berbagai disiplin ilmu serta spiritual dalam kehidupan. Artinya konsep wahdatul ‘ulum ini bisa dikaitkan dan diterapkan dalam situasi apapun konteksnya, salah satunya dalam bidang diri seseorang. Maka dari itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana konsep wahdatul ulum dan konsep manajemen diri atau apa saja yang bisa diimplementasikan dari wahdatul ‘ulum kepada diri seseorang terutama dalam memperkuat akidah, meningkatkan kualitas Ibadah kepada Allah dan memperkukuh akhlak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi pustaka yang mana data diperoleh dari hasil bacaan dan analisis peneliti berdasarkan buku-buku dan jurnal-jurnal terkait topik penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada banyak konsep wahdatul ulum yang bisa diterapkan dalam bidang diri seseorang, yaitu salah satunya dengan meng-integritaskan 5 intergrasi dari wahdatul ulum dan hasil lainnya wahdatul ulum ter-implementasikan juga pada tokoh yang dijadikan sumber penelitian yaitu Hasballah Taib seorang tokoh pendiri pesantren misbahul ulum di aceh dan pendiri sekolah al-manar medan. Contoh Wahdatul ulum yang diterapkan dalam dirinya yaitu menjaga keseimbangan antara dunia dan akhirat, menghidupkan dimensi spiritual dalam aktivitas dunia,ibadah sebagai niat yang menggerakkan aktivitas,dll.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Azwar S. (2001). Metode Penelitian, Yayasan Obor Indonesia: Pustaka Pelajar.

Jazimah, H. (2015). Implementasi Manajemen Diri Mahasiswa dalam Pendidikan Islam. MUDARRISA: Journal of Islamic Education, 6(2), 221.

Khalifah, Hamdani. (2014). Profil Dayah Misbahul Ulum Paloh. Lhok seumawe Aceh. Cet:ke1, Mei.

Khalifah, Hamdani. (2006) M. Hasballah Thaib: Pemikiran dan karya Monumentalnya. Perc:CV.Nola offset Medan

Ismail Ragi al-Faruqi. (1982). Tawhid: Its Implications for Thought and Life,

(USA: IIIT)

Ritonga, M. S. (2022). Implementasi paradigma wahdatul ‘ulum dengan pendekatan

transdisipliner untuk menghasilkan karakter ulul albab pada lulusan Universitas

Islam Negeri Sumatera Utara. Journal of Social Research, 1(4), 743–749

Syahrin Harahap, A. S. D. (2019). WAHDATUL ULUUM Paradigma Pengembangan

Keilmuan dan Karakter lulusan Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara

(ALVI, Ed.; 1st ed.). IAIN PRESS.

Downloads

Published

2025-01-24

How to Cite

Syawal, M. (2025). Best Practice Penerapan Wahdatul ‘ulum Bidang diri (Studi Kasus: M. Hasballah Thaib: Pendiri Pesantren Misbahul Ulum Aceh dan Sekolah Al-Manar Medan). Anatesa : Kajian Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 15(1), 54–66. Retrieved from https://jurnal.stitmuabdya.ac.id/index.php/anatesa/article/view/42