Konsep Pendidikan Al-Ghazali

Konsep Pendidikan Perspektif Imam Al-Ghazali

Authors

  • Hermanita Her STITMUABDYA

Keywords:

Konsep*pendidikan*al-Ghazali*

Abstract

Landasan pokok pemikiran pendidikan al-Ghazali adalah ajaran Islam itu sendiri, dimana lahirnya pemikiran yang disebut konsep pendidikan perspektif al-Ghazali ini didasari oleh kondisi dan situasi masyarakat pada saat itu sangat kacau balau bahkan manusia saat itu bisa dikatakan sedang mengalami kemerosostan moral serta mengarahkan pendidikan hanya semata tujuan dunia belaka. Adapun konsep pendidikan al-Ghazali ini berciri khas “Moral-religius” dengan tidak melupakan urusan dunia. Untuk itu al-Ghazali menciptakan sebuah konsep pendidikan yang bertujuan untuk merubah pola pikir masyarakat saat itu sehingga mereka mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat yang mencakup kebahagian dalam arti yang seluas-luasnya. Konsep pendidikan yang ditawarkan al-Ghazali ini juga tidak terlepas dari konsep pendidikan secara konfrehensif yang mencakup berbagai macam komponen pendidikan didalamnya. Konsep ini diawali oleh komponen pendidikan pada umumnya yang didalamnya juga membahas tentang; Tujuan pendidikan, kurikulum, Metode dan Media, pendidik, peserta didik, materi pengajaran dan aspek psikologis yang mendukung proses pembelajaran.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Ghazālī, Risālah al-Laduniyyah, dalam Majmu’ah ar-Rasail al-Imam al- Ghazālī, (Cairo: Maktabah al-Taufiqiyah, tt).

Abdurrahman al-Badawi, Muallafat al-Ghazali, (Damaskus al-Majlis al-A’la Li Ri’ayat al-Funun wa al-Adab wa al-‘Ulum al-Ijtima’iyat, 1961).

Abuddin Nata, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, (Jakarta: Raja Grapindo

Persada, 2003).

Himawijaya, Mengenal Al-Ghazali; Keraguan Adalah Awal Keyakinan, (Bandung: Mizan, 2004).

http: //id.wikipedia.org/wiki/al-Ghazali

Ramayulis dan Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2010).

Ramayulis dan Samsul Nizar, Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Islam, (Ciputat: Quantim Teacheng, 2005).

Sudarsono, Filsafat Islam, (Jakarta: Rineka Cipta, 1997).

Syabuddin Gade, Esei-esei Pemikiran Pendidikan; al-Ghazali, az-Zarnuji, al-Abrasyi dan

Yunasril Ali, Perkembangan Pemikiran Falsafi Dalam Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1991).

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Her, H. (2025). Konsep Pendidikan Al-Ghazali: Konsep Pendidikan Perspektif Imam Al-Ghazali. Anatesa : Kajian Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 15(2). Retrieved from https://jurnal.stitmuabdya.ac.id/index.php/anatesa/article/view/61

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.