KENDALA SUPERVISI PENGAJARAN KEPALA SEKOLAH
Keywords:
Supervisi, Pengajaran, Kepala SekolahAbstract
Ada berbagai cara yang dilakukan kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi pengajaran ini baik secara otokratis maupun secara demokratis. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apa saja kendala sepervisi pengajaran kepala sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kepustakaan (library research) terkait jurnal-jurnal tentang supervisi pengajaran kepala sekolah. Dari hasil pembahasan diketahui bahwa kendala dalam supervisi pengajaran kepala sekolah melibatkan empat faktor, yaitu kepala sekolah (waktu, kurangnya keterampilan dan pengetahuan, stres dan karakteristik pribadi kepala sekolah), guru (sikap dan motivasi guru), siswa serta peralatan dan fasilitas.
Downloads
References
Al Ramaiah, (1995). Pengawasan; Satu Beban & Kemudahan. Kuala Lumpur : Fakultas Pendidikan, Universitas Malaya.
Al Ramaiah, (1999). Kepemimpinan Pendidikan : Tantangan Saat Ini. Petaling Jaya : IBS Buku Sdn. Bhd.
Anderson, Coralyn S. (1987). Perilaku Kepemimpinan Instruksional Pada Kepala Sekolah Menengah Atas, Pembantu Kepala Sekolah Dan Ketua Jurusan : Jurnal Sekolah Menengah Atas. 70 (2 ) : 115 - 123.
Boardman, W. Charles, Dougless R. Harl dan Bent K. Rudyard. (1953). Pengawasan Demokratis Di Sekolah Menengah. Massachusetts: Perusahaan Houghton Mifflin
Broadwell, Martin M. (1975). Supervisor dan masalah. Yogyakarta : Penerbitan Yayasan Kanisius.
Ginsberg, R. (1988). Tujuan yang Layak... Kenyataan yang Tidak Mungkin: Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Instruksional. Buletin NASSP, Jil. 72 (507).p. 76-82.
Glickman, C. D. (2007). Supervision and instructional leadership: A developmental approach(7th ed.). Boston: Pearson International.
Husain Mahmood, (1997). Kepemimpinan dan Efektivitas Sekolah. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa & Perpustakaan.
Ibrahim Mamat, (1993). Kepemimpinan Sekolah. Kuala Lumpur : Kumpulan Budiman Sdn. Bhd.
Ismail Abu Thalib, (1986). Pengawasan Sekolah - Satu Harapan. Makalah yang disampaikan dalam Seminar Peningkatan Profesionalisme Kepala Sekolah Menengah Melaka, Melaka.
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Sarasson, S. (1971). Budaya Sekolah dan Masalah Perubahan. Boston : Allyn dan Bacon.
Sergiovanni, TJ (1983). Pengawasan : Perspektif Manusia. New York: Perusahaan Buku McGraw Hill.
Sergiovanni, TJ (1995). Supervisi : Perspektif Reflektif. Boston : Allyn & Bacon.
Wellisch, JB (1978). Manajemen dan Organisasi Sekolah. Sosiologi Pendidikan. 51 : hal. 211-226.
Wideen, MF & Ian Andrews, (1984). Implikasi untuk latihan. Dalam Perspektif Alternatif David Hopkins & M. Wideen (Eds) tentang Peningkatan Sekolah. New York: Pers Falmer.
Suriasumantri, Jujun S.1990. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Suyitno, Y. 2009. Landasan Filosofis Pendidikan. Bandung. UPI Bandung.
Suyudi, M. 2019. “Upaya Transformasi Pendidikan Islam Berdasarkan Paradigma Dan Filosofinya”. Qalamuna -Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 11(1), 1–11.
Tolchah, M. 2016. “Pendidikan dan faham liberalism”. At-Ta’dib Journal Of Pesantren Education, 3(1). https://doi.org/oi: http://dx.doi.org/10.21111/at-tadib.v3i2.563
Yulianto, Hari.2021. " Filsafat ilmu manajemen: ontologi, Epistemologi, dan aksiologi Perspektif. Jurnal Manajemen Bisnis Lintas Batas. Vol. 1 No. 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Suri Makhsura

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.