BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Keywords:
Bimbingan, Motivasi, BelajarAbstract
Bimbingan yang dilakukan orang tua terhadap anak bukanlah sesuatu yang mudah. Karena untuk membimbing dan mendidiknya diperlukan sikap keterbukaan, kehangatan, penghargaan, perhatian dan pengertian. Orang tua adalah pembinaan pribadi yang pertama dalam hidup anak. Kepribadian orang tua, sikap dan cara hidup mereka, merupakan unsur-unsur pendidikan yang tidak langsung, yang dengan sendirinya akan masuk ke dalam pribadi anak yang sedang tumbuh. Motivasi adalah perubahan energi dalam diri pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan. Metode dalam membimbing dan mengarahkan anak kepada perilaku yang baik akan mendorong keberhasilan dalam upaya mengatasi kekeliruan yang diperbuat oleh anak, serta mendorong anak untuk tidak mengulangi kesalahan dan kekeliruan yang ia perbuat untuk kedua kalinya.
Downloads
References
Ahmad D. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung: Alma’arif, 2000)
Syahidin, Menelusuri Metode Pendidikan dalam Al-Qur’an, (Bandung: Alfabeta, 2009)
Muhammad Bin Ibrahim Al-Hamd dan Hamd Hasan Raqith, Koreksi Kesalahan Mendidik Anak, (Solo: Perpustakaan Nasioanal RI, 2011)
Hallen A, Bimbingan dan Konseling, (Jakarta : Cipta Press, Cet, 12002).
Ahmad Tafsir, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung: Al-Ma’arif, 2002).
Sumiati dan Asra, Metode Pembelajaran¸(Bandung: Sumiati Asra, 2001)
Sardiman, Pembelajaran Berkarakter, (Semarang: media Press, 2008)
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, (Jakarta: Bina Aksara,2010)
Alfatah, Motivasi Belajar, (Bandung : Putra Jaya, 2000),
Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2008.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Samsul Anwar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.